Strategi Blended Learning Dalam Pengembangan Kompetensi ASN: Redefinisi Dan Implementasi Di Lembaga Administrasi Negara
DOI:
https://doi.org/10.30649/aamama.v27i2.258Kata Kunci:
Pembelajaran Campuran, Efektivitas, Pelatihan DasarAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran Penerapan Model blended learning pada Pelatihan Dasar CPNS dalam Pengembangan Kompetensi ASN yang dilaksanakan oleh Lembaga Administrasi Negara. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode pendekatan kualitatif dengan metode Systematic Literature Review (SLR). SLR adalah tujuan literatur sistematis yang bertujuan untuk mengidentifikasi, mengevaluasi dan menginterplasi, dan menginterplastikan temuan studi-studi primer (Barricelli et al., 2019).. Hasil dari penelitian ini, Lembaga Administrasi Negara telah menyelenggarakan Pelatihan Dasar CPNS dengan model blended learning dengan menggunakan aplikasi MOOC dan LMS. Sesuai dengan Peraturan LAN Nomor 1 Tahun 2021 pada pasal 7 ayat (1) huruf b. Blended learning dilaksanakan melalui 3 (tiga) bagian pembelajaran yaitu pelatihan mandiri, distance learning, dan pembelajaran klasikal di tempat penyelenggaraan pelatihan dasar CPNS. Dengan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa Pelatihan Dasar CPNS dengan model Blended Learning dapat diterapkan pada Pelatihan Dasar CPNS Tahun 2021 dan sampai Pelatihan Dasar CPNS tahun-tahun berikutnya dan model Blended Learning ini berdampak pada efisiensi anggaran dan juga efektif dalam pembelajaran.
Unduhan
Referensi
Akhmadi, A. (2021). Implementation of blended learning in training penerapan blended learning dalam pelatihan. Jurnal Diklat Keagamaan, 15(1), 78–87.
Barricelli, B. R., Cassano, F., Fogli, D., & Piccinno, A. (2019). End-user development, end-user programming and end-user software engineering: A systematic mapping study. Journal of Systems and Software, 149, 101–137. https://doi.org/10.1016/ j.jss.2018.11.041
BKN. (2021). Buku statistik pegawai negeri sipil Desember 2021. Badan Kepegawaian Negara (BKN). https://www.bkn.go.id/e-library/statistik-pns-desember-2021/
Bukit, B. (2017). Pengembangan sumber daya manusia. Zahir Publishing.
Driscoll, M., & Carliner, S. (2005). Advanced web-based training strategies: Blended learning as a curriculum design strategy. ASTD Press.
KemenPAN-RB. (2022). Fondasi Baru Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. https:// www.menpan.go.id/site/download/category/581-2022
Keumala, C. M., & Zainuddin, Z. (2018). Indikator kesejahteraan petani melalui Nilai Tukar Petani (NTP) dan pembiayaan syariah sebagai solusi. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 9(1), 129–149. https://doi.org/10.21580/economica.2018.9.1.2108
Kotler, P., & Keller, K. (2011). Marketing management. Prentice Hall PTR.
Kurtus, R. (2020). Blended learning. School for Champions. https://www.school-for-champions.com/elearning/blended_learning.htm
LAN. (2021). Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil. Lembaga Administrasi Negara RI.
LAN. (2022). Redefinisi Blended Learning dalam pengembangan kompetensi ASN. Lembaga Administrasi Negara RI.
Peraturan Lembaga Administrasi Negara No. 6 Tahun 2022. (2022). Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 6 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 5 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Pelatihan Struktural Kepemimpinan. Lembaga Administrasi Negara RI.
Santoso, H. B., Riyanti, R. D., Prastati, T., S., F. T. H., Susanty, A., & Yang, M. (2022). Learners’ online self-regulated learning skills in Indonesia open university: Implications for policies and practice. Education Sciences, 12(7), 469. https://doi.org/10.3390/ educsci12070469
Undang-undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. (2014). Undang-undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Pemerintah Pusat.
Williams, S. M., Bransford, J. D., Sherwood, R. D., Hasselbring, T. S., & Kinzer, C. K. (1990). Anchored instruction: Why we need it and how technology can help. In Cognition, education and multimedia: Exploring ideas in high technology. Lawrence Erlbaum.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Aplikasi Administrasi: Media Analisa Masalah Administrasi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.











