Strategi Blended Learning Dalam Pengembangan Kompetensi ASN: Redefinisi Dan Implementasi Di Lembaga Administrasi Negara

Penulis

  • Adinda Mariesta Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Erni Yuni Astuti Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nida Handayani Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30649/aamama.v27i2.258

Kata Kunci:

Pembelajaran Campuran, Efektivitas, Pelatihan Dasar

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran Penerapan Model blended learning pada Pelatihan Dasar CPNS dalam Pengembangan Kompetensi ASN yang dilaksanakan oleh Lembaga Administrasi Negara. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode pendekatan kualitatif dengan metode Systematic Literature Review (SLR). SLR adalah tujuan literatur sistematis yang bertujuan untuk mengidentifikasi, mengevaluasi dan menginterplasi, dan menginterplastikan temuan studi-studi primer (Barricelli et al., 2019).. Hasil dari penelitian ini, Lembaga Administrasi Negara telah menyelenggarakan Pelatihan Dasar CPNS dengan model blended learning dengan menggunakan aplikasi MOOC dan LMS. Sesuai dengan Peraturan LAN Nomor 1 Tahun 2021 pada pasal 7 ayat (1) huruf b. Blended learning dilaksanakan melalui 3 (tiga) bagian pembelajaran yaitu pelatihan mandiri, distance learning, dan pembelajaran klasikal di tempat penyelenggaraan pelatihan dasar CPNS. Dengan  hasil  penelitian  ini  maka  dapat  disimpulkan bahwa Pelatihan Dasar CPNS dengan model Blended Learning dapat diterapkan pada Pelatihan Dasar  CPNS  Tahun  2021  dan  sampai  Pelatihan  Dasar  CPNS  tahun-tahun  berikutnya  dan  model  Blended Learning ini berdampak pada efisiensi anggaran dan juga efektif dalam pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akhmadi, A. (2021). Implementation of blended learning in training penerapan blended learning dalam pelatihan. Jurnal Diklat Keagamaan, 15(1), 78–87.

Barricelli, B. R., Cassano, F., Fogli, D., & Piccinno, A. (2019). End-user development, end-user programming and end-user software engineering: A systematic mapping study. Journal of Systems and Software, 149, 101–137. https://doi.org/10.1016/ j.jss.2018.11.041

BKN. (2021). Buku statistik pegawai negeri sipil Desember 2021. Badan Kepegawaian Negara (BKN). https://www.bkn.go.id/e-library/statistik-pns-desember-2021/

Bukit, B. (2017). Pengembangan sumber daya manusia. Zahir Publishing.

Driscoll, M., & Carliner, S. (2005). Advanced web-based training strategies: Blended learning as a curriculum design strategy. ASTD Press.

KemenPAN-RB. (2022). Fondasi Baru Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. https:// www.menpan.go.id/site/download/category/581-2022

Keumala, C. M., & Zainuddin, Z. (2018). Indikator kesejahteraan petani melalui Nilai Tukar Petani (NTP) dan pembiayaan syariah sebagai solusi. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 9(1), 129–149. https://doi.org/10.21580/economica.2018.9.1.2108

Kotler, P., & Keller, K. (2011). Marketing management. Prentice Hall PTR.

Kurtus, R. (2020). Blended learning. School for Champions. https://www.school-for-champions.com/elearning/blended_learning.htm

LAN. (2021). Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil. Lembaga Administrasi Negara RI.

LAN. (2022). Redefinisi Blended Learning dalam pengembangan kompetensi ASN. Lembaga Administrasi Negara RI.

Peraturan Lembaga Administrasi Negara No. 6 Tahun 2022. (2022). Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 6 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 5 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Pelatihan Struktural Kepemimpinan. Lembaga Administrasi Negara RI.

Santoso, H. B., Riyanti, R. D., Prastati, T., S., F. T. H., Susanty, A., & Yang, M. (2022). Learners’ online self-regulated learning skills in Indonesia open university: Implications for policies and practice. Education Sciences, 12(7), 469. https://doi.org/10.3390/ educsci12070469

Undang-undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. (2014). Undang-undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Pemerintah Pusat.

Williams, S. M., Bransford, J. D., Sherwood, R. D., Hasselbring, T. S., & Kinzer, C. K. (1990). Anchored instruction: Why we need it and how technology can help. In Cognition, education and multimedia: Exploring ideas in high technology. Lawrence Erlbaum.

Diterbitkan

2024-12-31

Cara Mengutip

Mariesta, A., Yuni Astuti, E., & Handayani, N. (2024). Strategi Blended Learning Dalam Pengembangan Kompetensi ASN: Redefinisi Dan Implementasi Di Lembaga Administrasi Negara. Aplikasi Administrasi: Media Analisa Masalah Administrasi, 27(2), 118–127. https://doi.org/10.30649/aamama.v27i2.258

Terbitan

Bagian

Articles