INOVASI PELAYANAN TRANSPORTASI PUBLIK SUROBOYO BUS RAPID TRANSIT RUTE UTARA - SELATAN

Penulis

  • Sela Febrina Universitas Hang Tuah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30649/aamama.v24i1.55

Kata Kunci:

Bus Rapid Transit, Cooperation, Public Transportation, Service Innovation

Abstrak

Improving the service quality is required to fulfill the community necessities for secure mass transportation, and to acquire comfortable, safe, and affordable services. Through public transportation innovation in Bus Rapid Transit (BRT), Suroboyo Bus is expected to be able to motivate the public enthusiasm to change over the use of public transportation services. It is also expected to increase public satisfaction toward the services in mass transportation. Furthermore, the study aims to figure out how the innovation of public transportation service in BRT (Bus Rapid Transit) which is called as Suroboyo Bus with north to south route. This is qualitative descriptive study using interview, documentation, and observation analysis in the data collection techniques. The study uses the theory of transportation service innovation from Rogers in Yogi Suwarno (2008). The results indicate the innovation of public transportation services that have been implemented by the Surabaya government in collaboration with the Transportation Office and Sanitary and Open Space Cleanliness Office. This program has been conducted well, however, it requires some improvements because it has lack of bus stops resulting in the limitation of places that can be passed by Suroboyo Bus. Moreover, the number of Suroboyo Bus fleets should be increased.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agus Dwiyanto. 2005. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik.Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Aminah, Siti. Transportasi Publik dan Aksesibilitas Masyarakat Perkotaan. Universitas Airlangga : Jurusan Ilmu Politik FISIP

Mata-mata Politik. 2020. Problematika Bus Suroboyo : Sampah Menumpuk Hingga Calo Tiket. Diakses pada 16 April 2020, dari https://www.matamatapolitik.com/problematika-bus-suroboyo-sampah menumpuk-hingga-calo-tiket-original-news-polling/

Moleong, Lexy. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Republik Indonesia. 1993. Keputusan MenPAN Nomor 81 tahun 1993 tentang Pedoman Tata Laksana Layanan Umum, Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 tahun 1995 tentang Peningkatan Kualitas Pelayanan Aparatur Pemerintah Kepada Masyarakat

Republik Indonesia. 2003. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur NegaraNo.63/KEP/M/PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Republik Indonesia. 2004. Keputusan MenPAN Nomor 25 Tahun 2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah

Republik Indonesia. 2006. Peraturan Daerah Kota Surabaya tahun 2006 tentang Penyelenggaraan Angkutan orang di jalan dengan kendaraan umum

Republik Indonesia. 2014. UU nomor 23 tahun 2014 tentang inovasi daerah

Republik Indonesia. 2016. Peraturan Walikota Surabaya Nomor 60 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan organisasi, uraian tugas dan fungsi serta tata kerja

Republik Indonesia. 2017. PP nomor 38 tahun 2017 yang menjelaskan mengenai tentang inovasi daerah

Republik Indonesia. 2018. Peraturan Walikota Surabaya Nomor 67 Tahun 2018 tentang Kontribusi Sampah

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suwarno, Yogi. (2008). Inovasi di Sektor Publik. Jakarta: STIA-LAN Press.

Tempo.co. (2020, 17 Agustus). Surabaya Termacet Keempat, Risma: ApaUkurannya?. Diakses pada 5 Februari 2015, dari https://nasional.tempo.co/read/640167/surabaya-termacet-keempat-risma apa ukurannya/full&view=ok

Diterbitkan

2021-05-17

Cara Mengutip

Sela Febrina. (2021). INOVASI PELAYANAN TRANSPORTASI PUBLIK SUROBOYO BUS RAPID TRANSIT RUTE UTARA - SELATAN . Aplikasi Administrasi: Media Analisa Masalah Administrasi, 24(1), 53–59. https://doi.org/10.30649/aamama.v24i1.55

Terbitan

Bagian

Articles