IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERATURAN WALIKOTA SURABAYA NOMOR 58 TAHUN 2019 TENTANG TATA CARA PENGUMPULAN, PENGOLAHAN, PEMANFAATAN, DAN PELAPORAN DATA MASYARAKAT BERPENGHASILAN RENDAH

Penulis

  • Herlambang Bagus Pangarsa Universitas Hang Tuah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30649/aamama.v24i1.53

Kata Kunci:

Policy Implementation, Public Policy, Low-Income Communities

Abstrak

This research uses the theory from Lester and Stewart to determine the implementation of the policy, while determining the factors that influence the implementation of the policy uses four indicators of the implementation policies from Van Meter and Van Horn. The results obtained from the study show that the implementation of the policy is successfully implemented. The factors that affect the whole can be considered well-maintained, although in terms of communication there are several shortcomings, namely the lack of socialization to the community, as well as in terms of resources, especially infrastructure, namely the website application is still error or slow. The tendency factor for implementing the policy has been implemented well because each officer has carried out his functions and duties according to the procedure. The characteristics of the implementing agency are clear, and there is a clear Standard Operating Procedure (SOP) as a guide.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ekowanti, Mas Roro Lilik. (2004). Perencanaan, Implementasi & Evaluasi Kebijakan atau Program (Suatu Kajian Teoritis dan Praktis), Surakarta : Pustaka Cakra.

Setijaningrum, Erna, 2017, Program Terpadu Penanggulangan Kemiskinan Di Kota Surabaya. Vol 3 No. 1, Hal-16.

Nawawi M.Si, MPA, Prof, DR, H. Ismail. (2007). Administrasi Organisasi dan Manajemen :

Kajian Paradigma, Konsep, Teori, dan Perilaku. Surabaya : VIV Gravika Surabaya.

Resi Ariyasa dan tim, 2020, Pemetaan Permasalahan Penyaluran Bantuan Sosial untuk Penanganan Covid-19 di Indonesia, Jurnal Pajak dan Keuangan Negara Vol II No.1, Hal 97

S.A. Ayuko dan Ikaputra. 2019. Kajian Teoritik Hubungan Antara Pemilihan Lokasi Huni dengan Masyarakat Berpenghasilan Rendah Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Arsitektur dan Lingkungan Binaan Vol 17 No 1.

Winarno, Budi. (2007). Kebijakan Publik Teori & Proses. Edisi revisi, Yogyakarta : Media Pressindo.

Bbc.com. 2020. Virus corona: Data penerima bansos 'amburadul, Pak RT ketiban pulung'. (https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-52651056, diakses 22 Januari 2021)

CNBC. 2020. Kekacauan Bansos Corona, Masalah Klasik Big Data. (https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200 508133813-20-501305/kekacauan-bansoscorona-masalah-klasik-big-data, Diakses pada 22 Januari 2021)

Data Masyarakat Berpenghasilan Rendah (https://epemutakhirandata.surabaya.go.id/mbr# (diakses 06 Januari 2021)

Data terupdate dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (https://dtks.kemensos.go.id/, diakses 22 Januari 2021)

Prakiraan penduduk beberapa negara 2000-2014 (https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/960, diakses 02 Mei 2016)

R. S. Dewi, 2020. Berita - Ombudsman RI. (https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel-- evaluasi-penyaluran-bantuan-sosial-bansostahap-satu-covid-19- , Diakses pada 22 Januari 2021)

Sonora Surabaya. 2020. Surabaya Gunakan Data MBR untuk Percepat Pengentasan Kemiskinan(https://sonorasurabaya.com/surabaya-gunakan-data-mbr-untuk percepat

Pengentasan-kemiskinan/, diakses 06 Januari 2021)

Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial

Peraturan Walikota Surabaya Nomor 58 Tahun 2019 tentang Tata Cara Pengumpulan, Pengolahan, Pemanfaatan, dan Pelaporan Data Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Diterbitkan

2021-05-10

Cara Mengutip

Herlambang Bagus Pangarsa. (2021). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERATURAN WALIKOTA SURABAYA NOMOR 58 TAHUN 2019 TENTANG TATA CARA PENGUMPULAN, PENGOLAHAN, PEMANFAATAN, DAN PELAPORAN DATA MASYARAKAT BERPENGHASILAN RENDAH . Aplikasi Administrasi: Media Analisa Masalah Administrasi, 24(1), 34–52. https://doi.org/10.30649/aamama.v24i1.53

Terbitan

Bagian

Articles