Pengaruh Kualitas Pelayanan Tenaga Kesehatan Terhadap Kepuasan Masyarakat di UPTD Puskesmas Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo

Penulis

  • Siskawati Taib Universitas Negeri Gorontalo
  • Arifin Tahir Universitas Negeri Gorontalo
  • Rustam Tohopi Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30649/aamama.v28i1.284

Kata Kunci:

Service Quality, Community Satisfaction, Public Health Center

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan masyarakat di UPTD Puskesmas Paguyaman Pantai , Kabupaten Boalemo . Sampel dalam penelitian ini berjumlah 248 responden . Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer . Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner . Metode yang digunakan untuk analisis data adalah regresi linier dasar .Dengan koefisien determinasi sebesar 68,50 %, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan masyarakat di UPTD Kesehatan Masyarakat Paguyaman Pantai dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh kualitas pemberi layanan kesehatan . Sementara itu , sisanya sebesar 31,00 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini , seperti aksesibilitas layanan , sarana dan prasarana , komunikasi dan informasi, ketersediaan obat, dan penambahan layanan . Hasil uji positif tersebut mengimplikasikan bahwa semakin tinggi tingkat kepuasan masyarakat terhadap UPTD Kesehatan Masyarakat Paguyaman Pantai , maka semakin tinggi pula kepuasan masyarakat terhadap UPTD Kesehatan Masyarakat Paguyaman Pantai .Peningkatan kepuasan masyarakat di UPTD Puskesmas Paguyaman Pantai terjadi karena adanya peningkatan mutu pelayanan yang diberikan oleh petugas kesehatan .

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdussamad, Z., Tahir, A., & Arsana, I. K. S. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus: Di Gorontalo Utara). Efisiensi : Kajian Ilmu Administrasi, 18(1), 45–62. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v18i1.37275

Andayani, N. D., Tui, F. P., Tohopi, R., & Gorontalo, U. N. (2024). KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PELAKSANAAN PROGRAM BADAN PENYELENGGARA. 2(d), 563–583.

Caniago, A. (2022). Analisis Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Lentera Bisnis, 11(3), 219. https://doi.org/10.34127/jrlab.v11i3.652

Dali, S. R., Sulila, I., Abdussamad, J., Gorontalo, U. N., Gorontalo, K., Aparatur, K., & Publik, K. P. (2024). Pengaruh perilaku birokrasi terhadap kualitas pelayanan publik di samsat kota gorontalo. 2(November), 447–457.

Fadhilah, D. R., Muzzamil, F., & Wustari, L. (2024). Kualitas Pelayanan Sebagai Prediktor Kepuasan Pelanggan Restoran A. Fadhilah, D. R., Muzzamil, F., & Wustari, L. (2024). Kualitas Pelayanan Sebagai Prediktor Kepuasan Pelanggan Restoran A. 3(3), 1501–1512., 3(3), 1501–1512.

Feri, N., & Fithriana, N. (2019). Pengaruh Kinerja Tenaga Kesehatan Terhadap Kepuasan Masyarakat ( Studi Pada Puskesmas Kendalsari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang ). JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 8(2), 152–159. www.publikasi.unitri.ac.id

Gunawan, I. K. A. R., Imbayani, I. G. A., & Prayoga, I. M. S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Tahu Home Industri Maju Sejahtera di Klungkung Dawan. Jurnal EMAS, 4(9).

Handayani, J. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Susukan 2. Perwira Journal of Economics & Business, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.54199/pjeb.v4i1.262

Minarti, A., Rahmah, P., Surianti, S., Amrial, A., Idrus, I., & Salwa, S. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Batu-Batu. Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 7(1), 75–81. https://doi.org/10.57093/metansi.v7i1.253

Mumtaza, F. A., & Millanyani, H. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Urbans Travel. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(2), 1645–1661. https://doi.org/10.31955/mea.v7i2.3242

Septiani, A. R., & Tohopi, R. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kolaka (Studi pada Pelayanan Surat Izin Tempat Usaha (SITU). Ambura Journal of Administration and Public Service, 2(1), 1–11.

Siti Fatimah, Yakob Noho Nani, R. T. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Desa Molas Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Journal Administration and Public Service, 4(1), 41–48.

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Tahir, A., & Asnawi, M. A. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR ( SEPEDA MOTOR ) PADA KANTOR SAMSAT KOTA GORONTALO.

Yusuf, J. I. M. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT (Studi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh). Skripsi, 11(98), 1–7.

Diterbitkan

2025-05-31

Cara Mengutip

Taib, S., Arifin Tahir, & Rustam Tohopi. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan Tenaga Kesehatan Terhadap Kepuasan Masyarakat di UPTD Puskesmas Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo. Aplikasi Administrasi: Media Analisa Masalah Administrasi, 28(1), 38–48. https://doi.org/10.30649/aamama.v28i1.284

Terbitan

Bagian

Articles