Efektivitas Program Inaportnet Dalam Pelayanan Penerbitan Surat Pemberitahuan Kedatangan Kapal (Pkk) di Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Kota Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30649/aamama.v25i1.138Kata Kunci:
Efektivitas Program, Inaportnet, berbasis onlineAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh jumlah pelayanan kapal yang semakin meningkat disetiap tahunnya dan membutuhkan program pelayanan yang efektif di pelabuhan. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis efektivitas serat faktor pendukung dan penghambat program Inaportnet dalam pelayanan penerbitan surat Pemberitahuan Kedatangan Kapal (PKK) secara online di Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan yaitu modifiksi teori dari Budiani dan Sutrisno yang terdiri dari dari 6 (enam indikator yaitu Pemahaman Program, Ketepatan Sasaran, Ketepatan Waktu, Tercapainya Tujuan, Pemantauan Program, dan Perubahan Nyata. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa efektivitas program Inaportnet dalam pelayanan penerbitan surat Pemberitahuan Kedatangan Kapal (PKK) secara online di Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak kota Surabaya secara keseluruhan sudah berjalan dengan efektif. Namun, ditemukan 1 (satu) sub indikator yaitu Tingkat Pemahaman Program yang belum berjalan secara maksimal karena masih terdapat pengguna jasa terutama pengguna baru yang belum memahami secara keseluruhan mengenai penggunaan program Inaportnet. Ditemukannya faktor pendukung dalam pelaksanaan program yang meliputi kemampuan Sumber Daya Manusia yang kompeten dalam menyelesaikan tugasnya. Pelayanan tetap berjalan pada keadaan gangguan sistem meskpun harus dilakukan secara manual. Adanya standar pelayanan yang telah ditetapkan sehingga konsistensi pelayanan tetap terjaga sesuai dengan tujuan program, serta kemudahan akses ada proses pengajuan pelayanan yang dapat dilakukan melalui website yang dapat diakses melalui handphone dan komputer pengguna jasa. Rekomendasi dari peneliti kepada Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya yaitu meningkatkan penjelasan informasi dengan menggunakan video tutorial yang diunggah di sosial media agar pengguna jasa baru dapat lebih cepat memahami dan terbiasa dalam melakukan proses pengajuan pelayanan serta peningkatan kualitas pada sistem website agar meminimkan gangguan yang terjadi
Unduhan
Referensi
Budiani, N. W. (2007). Efektivitas Program Penanggulangan Pengangguran Karang Taruna “Eka Taruna Bhakti” Desa Sumerta Kelod Kecamatan Denpasar Timur Kota Denpasar. Jurnal Ekonomi Dan Sosial (INPUT), 2(1), 49–57.
Indonesia. Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran. , (2008).
Indonesia. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 8 Tahun 2022. , (2022).
Indonesia. Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 TentangPelayaran. , (2008).
Indonesia. PM_157_Tahun_2015. , (2015).
Indonesia. SLS INAPORTNET. , (2016).
Malisan, J., & Tresnawati, W. (2019). mplementasi Inaportnet dalam Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Warta Penelitian Perhubungan, 31(2), 67–74. https://doi.org/10.25104/warlit.v 31i2.1267 Nurul SW , Lunariana L, Y. (2021).
Implementasi Kebijakan Penerbitan SPB Online – Nurul SW , Lunariana L , Yuliansyah. 5(1), 1–16.
Savinatunazah, V. (2019).
Efektivitas Pelayanan Perizinan Berbasis Online Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ciamis. Jurnal IIlmiah Ilmu Adminisitrasi Negara, 6(2), 70–77. Retrieved from https://jurnal.unigal.ac.id/index. php/dinamika/article/view/2276Sugiyono. (2017).
Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.Sutrisno. (2007).
Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana Jl.Tambra Raya No,23 Rawa Mangun :Jakarta.Polii, S. A. P. (2021).
Efektivitas Informasi Pelayanan Perizinan Melalui Website Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dpm-Ptsp) Kota Manado.Jurnal Politico, 10(4).W.Creswell, J. (2010).
Research Design: Pendekatan Kualitatif,Kuantitatif,Dan Mixed. 175–176.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Aplikasi Administrasi: Media Analisa Masalah Administrasi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.











