PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK KOREA SELATAN PADA REMAJA DI SIDOARJO

(STUDI PADA PEMBELIAN MEREK NATURE REPIBLIC)

Penulis

  • Khusniyatud Diniyah Universitas Hang Tuah Surabaya
  • Herman Universitas Hang Tuah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30649/aamama.v24i2.128

Kata Kunci:

county of origin, brand image, buying decision

Abstrak

Era Globalisasi turut serta mendukung perkembangan ekonomi yang memicu semua aktor dan aspek perekonomian, salah satunya pelaku ekonomu yang dituntut untuk semakin kreatif, up to date dan mampu bersaing dengan berbagai perusahaan dalam taraf lokal ataupun internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh country of origin, dan brand image terhadap keputusan pembeli Nature Republic pada remaja di Kabupaten Sidoarjo. Dalam penelitian ini menggunakan pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, Analisi data menggunakan alat bantu dengan menggunakan alat bantu SPSS. Hasil pengujian menunjukan Kuisoner valid dan reliabel. Persamaan Regresi layak. Variabel country of origin berpengaruh positif terhadap keputusan pembeli yang diindikasikan dengan peroleh thitung sebesar 2,250 > ttabel sebesar 1,993 pada tingkat signifikansi 0,034 < 0,05. Sedangkan variabel brand image memiliki pengaruh negatif terhadap keputusan pembelian yang diindikasikan dengan perolehan thitung sebesar -5,759 < ttabel sebesar -1,993 pada tingkat memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amilia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi Di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan 6.1, 66-69.

Assauri. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Atika, S. (2018). Pengaruh Brand Image Dan Country Of Origin Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Handphone Merek Asus. Jurnal Bisnis .

Bulut, Z. A. (2018). Examining The Role Of Two Aspects Of Ewom In Online Repurchase Intention: An Integrated Trust–Loyalty Perspective. Jo f Consumer Behaviour 17.4, 407-417.

Cilingir, Z. a. (2014). The Impact of Consumer Ethnocentrism, Product Involvement, and Product Knowledge On Country Of Origin effects: An Empirical Analysis On Turkish Consumers’ Product Evaluation. Journal of International Consumer Marketing 26.4, 284-310.

Darini, R. (2010). Park Chung-Hee dan Keajaiban Ekonomi Korea Selatan. Mozaik 5.1, 21-29.

Dewi, O. I. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Chang Tea Di Surabaya. Agora 6.2.

Firnas, M. A. (2017). Pengaruh Korean Wave Terhadap Maraknya Produk Dan Tren Kosmetik Korea Selatan (K-BEAUTY) Di Indonesia Periode 2017-2020. BS thesis. Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 16- 20.

Guangyu, Y. a. (2014). Research on the Upgrading path of Chinese Enterprise Brand Internationalization——Explore the International Brand Evergreen Gene from Brand Mechanism Angle. Science & Technology Progress and Policy.

Hakim, A. R. (2013). Industri Kosmetik Dan Manfaat Bagi Konsumen Kosmetik Di Indonesia. Majoring In Chemistry Faculty Of Math And Science Padang State University.

Hipwee. (2018, September 18). Homepage Hipwee. Retrieved from https://www.hipwee.com/tips/hore-13-produk-kosmetik-import-ini-sudah-

ramai-diadaptasi-produsen-lokal- mau-cantik-tak-perlu-pre-order- lagi/

KEMENDAG. (2021, 10 29). Satu Data Kemenag. Retrieved from Kementerian Perdagangan: https://satudata.kemendag.go.id/indonesia-export- import

Keni Keni, K. a. (2018). Pengaruh Green Perceived Quality, Green Perceived Risk, dan Green Brand Image terhadap Green Satisfaction dan Green Trust. 1 - 20.

Kotler, P. (2012). Kotler On Marketing. Simon and Schuster.

Larasati, D. (2018). Globalization on Culture and Identity: Pengaruh dan Eksistensi Hallyu (Korean-Wave) Versus Westernisasi di Indonesia. Jurnal Hubungan Internasional 11.1, 109 - 120.

Lesmana, R. (2015). Interpretasi Diri Seorang Disc Jockey Perempuan Studi Dramaturgi Perempuan Sebagai Seorang DJ. Diss. Fakultas Ilmu Komunikasi (UNISBA).

Muliyawan, D. (2013). AZ Tentang Kosmetik. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Nature Republic. (2021, 12 27). Retrieved from Brand Story: http://www.naturerepublic.com/global/en/brand/brandStory#a

Nurina, N. (2016). Pengaruh Country Of Origin Terhadap Citra Merek Dan Dampaknya Bagi Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Uniqlo Di Jakarta). Jurnal Ilmu Komunikasi, 13-18.

Priansa. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media. Sosial.

Bandung: CV Pustaka.

Rofi’i, N. A. (2019). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Produk Dr. Kebab Bara Satriya Sidoarjo. Diss. Universitas Muhammadiyah Surabaya, 7-9.

Sanyal, S. N. (2011). The effect of country of origin on brand equity: an empirical study on generic drugs. Journal of Product & Brand Management. doi:https://doi.org/10.1108/10610421111121125

Sari, A. A. (2017). Dasar - Dasar Public Relations Teori Dan Praktik. Deepublish.

Sekaran, U. d. (2017). Metode Penelitian Bisnis, Edisi 6. Jakarta: Salemba Empat.

Shabrina, V. (2014). Pengaruh country of origin terhadap brand image kosmetik Korea Selatan pada Mahasiswi Program Sarjana FISIP UI (Studi pada

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supomo. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk. Akuntansi & Manajemen.

Edisi 1. Cetakan ke-12. Yogyakarta: BPFE.

Tati, P. W. (2015). Pengaruh Country Of Origin Dan Global Brand Image Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Yang Membeli Smartphone Samsung Galaxy Di Asia Tenggara). Jurnal Administrasi Bisnis 25.1.

Tambunan, F. D. (2019). Pengaruh Brand Ambassador Sean Gelael Terhadap Keputusan Pembelian Kentucky Fried Chicken (Kfc)(Studi Pada Konsumen Transmart Buah Batu, Bandung 2019). eProceedings of Applied Science 5.2.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Jakarta: Andi.

Wang, F. a. (2016). The Influence Of Brand Ambassador On Brand Image And Consumer Purchasing Decision: A Case Of Tous Les Jours In Indonesia. International Conference on Entrepreneurship (IConEnt-2016).

Wibisono. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Di Sanggar Peni Dusun Krebet, Kelurahan Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul). Diss. Universitas Alma Ata Yogyakarta, 45-46.

Yanthi, K. P. (2015). Pengaruh Country of Origin, Brand Image dan Perceived Quality terhadap Minat Beli Sepeda Motor Honda Beat Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud 4.11, 3852

Diterbitkan

2021-12-22

Cara Mengutip

Khusniyatud Diniyah, & Herman. (2021). PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK KOREA SELATAN PADA REMAJA DI SIDOARJO: (STUDI PADA PEMBELIAN MEREK NATURE REPIBLIC). Aplikasi Administrasi: Media Analisa Masalah Administrasi, 24(2), 143–151. https://doi.org/10.30649/aamama.v24i2.128

Terbitan

Bagian

Articles