EFEKTIFITAS LAYANAN BELAJAR MELALUI DALAM JARINGAN PADA MAHASISWA UBHARA SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.30649/aamama.v24i2.123Kata Kunci:
Efektifitas, Layanan, Belajar, Daring, UbharaAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran seberapa efektif pembelajaran daring dilakukan saat pandemi Covid-19 dan kendala-kendala yang dihadapi oleh mahasiswa dan dosen. Diketahui bahwa pemerintah Indonesia yang telah mengambil kebijakan menerapkan pembelajaran secara daring, kebijakan pembelajaran daring ini tentu berdampak pada efektivitas pembelajaran apabila belum diikuti oleh kesiapan sekolah, pendidik, dan peserta didik untuk melaksanakan pembelajaran secara daring. Penelitian ini menggunakan model Kuantitatif dengan metode survei. Responden dari penelitian ini berjumlah 54 mahasiswa kelas Administrasi Publik A dan B yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari pengumpulan data dapat dikatakan jika pembelajaran daring tersebut belum sangat efektif melihat dari hasil perolehan presentase yang menunjukkan sebagian besar mahasiswa/i milih ‘cukup’ dan sebagian lagi memilih ‘biasa saja’ dengan diadakannya pembelajaran dalam jaringan di masa pandemi, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring secara terus menerus selama masa pandemi ini sangat tidak efektif.
Unduhan
Referensi
Abdillah, R., Nugraha, A. C. W., & Sarasati, B. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Mata Kuliah Metodologi Penelitian Kualitatif pada Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 407–414. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1915
Ariani, N., Irianto, H., & Ratnawati, S. (2017). Efektivitas Pelayanan Program One Day Service Di Pdam Surya Sembada Kota Surabaya. Journal Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 4(2), 124–133. https://doi.org/10.34369/INTELEKTUAL
Cahyawati, D., & Gunarto, M. (2021). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 150–161. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i2.33296
Dinata, K. B. (2021). Literasi Digital Dalam Pembelajaran Daring. Eksponen, 11(1), 20–27. https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i1.368
Febrilia, B. R. A., Nissa, I. C., Pujilestari, & Setyawati, D. U. (2020). Analisis Keterlibatan dan Respon Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Google Clasroom di Masa Pandemi Covid-19. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 175–184. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/7406
Firdaus, Z. F., & Wijayanto, A. W. (2021). Tinjauan Big Data Mobilitas Penduduk Pada Masa Social Distancing Dan New Normal Serta Keterkaitannya Dengan Jumlah Kasus Covid-19. Seminar Nasional Official Statistics, 2020(1), 265–272. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2020i1.502
Herdiana, D. (2020). Inovasi Proses Pembelajaran Daring bagi Mahasiswa Kelas Karyawan di Masa Pandemi Covid-19. Konferensi Nasional Pendidikan I, June, 129–137. https://urbangreen.co.id/proceeding/index.php/library/article/view/24
Nastiti, R., & Hayati, N. (2020). Pembelajaran Daring pada Pendidikan Tinggi: Tantangan Bagi Mahasiswa dan Dosen di Tengah Pandemi. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(3), 378–390. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i3.145
Nurani, J., Rimbawani, V. S., Razak, D. A., & Ratnawati, S. (2018). Effectivity Of Single Identity Number (SIN) In Implementation Of KTP Electronic. Advances in Social Sciences Research Journal, 5(5), 205–212. https://doi.org/10.14738/assrj.55.4377
Permatasari, D., Amirudin, A., & Sittika, A. J. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3704–3714. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1082
Qomariasih, N. (2021). Peramalan Kasus Covid-19 di DKI Jakarta dengan Model Arima. Jurnal Syntax Transformation, 2(6), 849–855. https://doi.org/10.46799/jst.v2i6.306
Sefriani, R., Sepriana, R., Wijaya, I., & Menrisal, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4731–4737. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1430
Setiadi, G., & Bramastia, B. (2021). Persepsi Mahasiswa Pascasarjana terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 715–722. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1676
Sugiyono. (2015). Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D , (Bandung: Alfabeta, 2015), 407 1. Metode Penelitian Dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D.
Tri Prasetijowati, R. S. (2021). Peran Perempuan Pemulung Pencari Nafkah Masa Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper “Peran Perempuan Sebagai Pahlawan Di Era Pandemi,” 8(1), 113–121. http://ejurnal.uwp.ac.id/lppm/index.php/prosiding/article/view/56
Wijaya, N., & Yuniawan, A. (2019). Efektivitas Pembelajaran Online Pada Pegawai di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Grobogan. Ejournal.Uksw.Edu, 2004, 168–181. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/5864
Wijoyo, H., Haryati, D., Indrawan, I., Mahdayeni, Marzuki, & dkk. (2021). Efektivitas Proses Pembelajaran. In Insan Cendekia Mandiri. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=9JshEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA10&dq=efektivitas&ots=OkH0XafD9e&sig=Fl7IWdaVlN_dWNQkEKiFJpc0Am8
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Aplikasi Administrasi: Media Analisa Masalah Administrasi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.











