Analisis Akuntabilitas Sosial dalam Penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial melalui Program Campus Social Responsibility

Authors

  • Yosi Vindi Amalia Universitas Hang Tuah
  • Sasmito Jati Utama Universitas Hang Tuah

DOI:

https://doi.org/10.30649/aamama.v25i2.143

Keywords:

Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial, Akuntabilitas Sosial, Campus Social Responsibillity

Abstract

Program Campus Social Responsibility (CSR) merupakan program yang menangani anak Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial. Program ini berfokus pada pengembalian anak putus sekolah agar dapat bersekolah kembali dan anak rawan putus sekolah tidak menjadi putus sekolah. Program ini merupakan program yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Kota Surabaya sebagai respon dari permasalahan anak putus sekolah yang menjamur di Kota Surabaya. Pada pelaksanaannya, program Campus Social Responsibility melibatkan mahasiswa-mahasiswa dari perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang ada di Kota Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis mekanisme akuntabilitas sosial pada program Campus Social Responsibillity dalam pendampingan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial di kota Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pedekatan kualitatif. Komponen dalam akuntabilitas sosial dalam program Campus Social Responsibillity yaitu principal, agent, mandate, sumber daya, kinerja, penguatan organisasi, dan evaluasi. Dalam pelaksanaan program Campus Social Responsibillity terdapat faktor pendukung yaitu youth competition, peningkatan angka Kembali bersekolah dan penghargaan dari pemerintah. Faktor penghambat dalam program ini yaitu kurangnya komunikasi dan manajemen waktu dari kakak pembimbing, kekhawatiran orang tua tentang biaya dan jauhnya jarak lokasi pendampingan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Umayani, I. (n.d.). EVALUASI PROGRAM CAMPUS SOCIAL

RESPONSIBILITY DALAM PENDAMPINGAN ANAK PUTUS SEKOLAH DI KOTA SURABAYA.

Retrieved from

https://repository.unair.ac.id/69964/3/JU RNAL_Fis.AN.09%2018%2

Uma%20e.pdf

BPS Provinsi Jawa Timur. (2014). Retrieved October 28, 2021, from

Bps.go.id website:

https://jatim.bps.go.id/statictable/2017/0 5/31/362/angka-partisipasisekolah-aps- menurut-kabupaten-kota-dan-kelompok- usia-sekolah-dijawa-timur-2014- 2015.html

Delya Octovie. (2019, April 29). Pemkot Surabaya Gandeng 14 Kampus Untuk Bantu Anak Putus Sekolah. Retrieved October 29, 2021, from

Surya.co.id website:

https://surabaya.tribunnews.com/2019/0 4/29/pemkot-surabayagandeng-14- kampus-untuk-bantu-anak-putus- sekolah?page=all

Artikel Saintif.com. (2020, May 21). Retrieved

November 30, 2021, from Saintif website: https://saintif.com/pasal-31- ayat-1-dan-2/

Akuntabilitas Sosial akan Dorong Peningkatan Pelayanan Publik. (2021). Retrieved November 30, 2021, from Pattiro.org website: https://pattiro.org/2014/02/akuntabilitas- sosial-akan-dorongpeningkatan- pelayanan-publik/

BPS Provinsi Jawa Timur. (2013). Retrieved December 2, 2021, from

Bps.go.id website:

https://jatim.bps.go.id/subject/28/pendid ikan.html#subjekViewTab3

Wahyuningsih, S. S. (2017). Multiliterasi pada Masyarakat Informasi Indonesia. In: Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis. 97–112.

Camargo, C. B., & Jacobs, E. (2013). Social Accountability and its

Conceptual Challenges : An analytical framework “ The idea of citizen

participation is a little like eating spinach : no one is against it in principle because it is good for you ”( Arnstein 1969 , 216 ). 22.

https://www.baselgovernance.org/sites/co llective.localhost/files/public ations/biog_working_paper_16.pdf

UNDP. (2010). Fostering social accountability: from principle to practice. 46.

http://www.undp.org/content/dam/undp/li brary/Democratic Governance/OGC/dg- ogc-Fostering Social Accountability- Guidance Note.pdf

Metodologi, B., Kerangka, P., Gambar, K., Konsep, K., Jenis, B., Dan, P., &

Penelitian, R. (n.d.).

Retrieved from http://eprints.dinus.ac.id/19104/11/bab3

_18497.pdf

PENJELASAN. (2022).

Kemenkeu.go.id. https://jdih.kemenkeu.go.id/fulltext/200 9/11TAHUN2009UUPenjel.ht m#:~:text=Pasal%2034%20ayat%20(1)

%20Undang,fakir%20miskin

%20dan%20anak%20terlantar.

Setiawan, H. H. (2017). Penanggulangan Kemiskinan Melalui Pusat Kesejahteraan Sosial. Sosio Informa, 3(3), 273–286. https://doi.org/10.33007/inf.v3i3.1048

View of Implementasi Program Campus Social Responsibility (CSR) pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pendampingan Anak Rentan Putus Sekolah di Kota Surabaya). (2022). Retrieved June 24,

, from

Ub.ac.id website:

https://jiap.ub.ac.id/index.php/jiap/articl e/view/1155/1552

Karta Kota Surabaya lengkap. (2019, May 30). Retrieved July 8, 2022, from linoacamp’s blog website: https://linoacamp.hatenablog.com/entry/ 2019/05/30/235222

RIDWAN, A. (2021). Implementasi Kebijakan Perlindungan Anak Melalui Program Campus Social Responsibility Pada Masa Pandemi Covid-19. 19, 1–

Al-Afghoni, M. A., & Prabawati, I. (2018).

Efektivitas Program Campus Social Responsibility di Kecamatan Wonokromo Kota Surabaya (Studi pada Pendampingan Mahasiswa Terhadap Anak Putus Sekolah atau Rawan Putus Sekolah). Publika, 6(9), 1–7.Ii, B., Pustaka, T., & Teori, A. (n.d.).

Retrieved from http://repository.umy.ac.id/bitstream/h andle/123456789/11689/D.%20

BAB%20II.pdf?sequence=4&isAllowe d=y#:~:text=Pada%20agency% 20theory%20yang%20disebut

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Yosi Vindi Amalia, & Sasmito Jati Utama. (2022). Analisis Akuntabilitas Sosial dalam Penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial melalui Program Campus Social Responsibility. Aplikasi Administrasi: Media Analisa Masalah Administrasi, 25(2), 110–116. https://doi.org/10.30649/aamama.v25i2.143

Issue

Section

Articles