Analisis Akuntabilitas Sosial dalam Penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial melalui Program Campus Social Responsibility
DOI:
https://doi.org/10.30649/aamama.v25i2.143Keywords:
Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial, Akuntabilitas Sosial, Campus Social ResponsibillityAbstract
Program Campus Social Responsibility (CSR) merupakan program yang menangani anak Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial. Program ini berfokus pada pengembalian anak putus sekolah agar dapat bersekolah kembali dan anak rawan putus sekolah tidak menjadi putus sekolah. Program ini merupakan program yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Kota Surabaya sebagai respon dari permasalahan anak putus sekolah yang menjamur di Kota Surabaya. Pada pelaksanaannya, program Campus Social Responsibility melibatkan mahasiswa-mahasiswa dari perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang ada di Kota Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis mekanisme akuntabilitas sosial pada program Campus Social Responsibillity dalam pendampingan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial di kota Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pedekatan kualitatif. Komponen dalam akuntabilitas sosial dalam program Campus Social Responsibillity yaitu principal, agent, mandate, sumber daya, kinerja, penguatan organisasi, dan evaluasi. Dalam pelaksanaan program Campus Social Responsibillity terdapat faktor pendukung yaitu youth competition, peningkatan angka Kembali bersekolah dan penghargaan dari pemerintah. Faktor penghambat dalam program ini yaitu kurangnya komunikasi dan manajemen waktu dari kakak pembimbing, kekhawatiran orang tua tentang biaya dan jauhnya jarak lokasi pendampingan.
Downloads
References
Umayani, I. (n.d.). EVALUASI PROGRAM CAMPUS SOCIAL
RESPONSIBILITY DALAM PENDAMPINGAN ANAK PUTUS SEKOLAH DI KOTA SURABAYA.
Retrieved from
https://repository.unair.ac.id/69964/3/JU RNAL_Fis.AN.09%2018%2
Uma%20e.pdf
BPS Provinsi Jawa Timur. (2014). Retrieved October 28, 2021, from
Bps.go.id website:
https://jatim.bps.go.id/statictable/2017/0 5/31/362/angka-partisipasisekolah-aps- menurut-kabupaten-kota-dan-kelompok- usia-sekolah-dijawa-timur-2014- 2015.html
Delya Octovie. (2019, April 29). Pemkot Surabaya Gandeng 14 Kampus Untuk Bantu Anak Putus Sekolah. Retrieved October 29, 2021, from
Surya.co.id website:
https://surabaya.tribunnews.com/2019/0 4/29/pemkot-surabayagandeng-14- kampus-untuk-bantu-anak-putus- sekolah?page=all
Artikel Saintif.com. (2020, May 21). Retrieved
November 30, 2021, from Saintif website: https://saintif.com/pasal-31- ayat-1-dan-2/
Akuntabilitas Sosial akan Dorong Peningkatan Pelayanan Publik. (2021). Retrieved November 30, 2021, from Pattiro.org website: https://pattiro.org/2014/02/akuntabilitas- sosial-akan-dorongpeningkatan- pelayanan-publik/
BPS Provinsi Jawa Timur. (2013). Retrieved December 2, 2021, from
Bps.go.id website:
https://jatim.bps.go.id/subject/28/pendid ikan.html#subjekViewTab3
Wahyuningsih, S. S. (2017). Multiliterasi pada Masyarakat Informasi Indonesia. In: Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis. 97–112.
Camargo, C. B., & Jacobs, E. (2013). Social Accountability and its
Conceptual Challenges : An analytical framework “ The idea of citizen
participation is a little like eating spinach : no one is against it in principle because it is good for you ”( Arnstein 1969 , 216 ). 22.
https://www.baselgovernance.org/sites/co llective.localhost/files/public ations/biog_working_paper_16.pdf
UNDP. (2010). Fostering social accountability: from principle to practice. 46.
http://www.undp.org/content/dam/undp/li brary/Democratic Governance/OGC/dg- ogc-Fostering Social Accountability- Guidance Note.pdf
Metodologi, B., Kerangka, P., Gambar, K., Konsep, K., Jenis, B., Dan, P., &
Penelitian, R. (n.d.).
Retrieved from http://eprints.dinus.ac.id/19104/11/bab3
_18497.pdf
PENJELASAN. (2022).
Kemenkeu.go.id. https://jdih.kemenkeu.go.id/fulltext/200 9/11TAHUN2009UUPenjel.ht m#:~:text=Pasal%2034%20ayat%20(1)
%20Undang,fakir%20miskin
%20dan%20anak%20terlantar.
Setiawan, H. H. (2017). Penanggulangan Kemiskinan Melalui Pusat Kesejahteraan Sosial. Sosio Informa, 3(3), 273–286. https://doi.org/10.33007/inf.v3i3.1048
View of Implementasi Program Campus Social Responsibility (CSR) pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pendampingan Anak Rentan Putus Sekolah di Kota Surabaya). (2022). Retrieved June 24,
, from
Ub.ac.id website:
https://jiap.ub.ac.id/index.php/jiap/articl e/view/1155/1552
Karta Kota Surabaya lengkap. (2019, May 30). Retrieved July 8, 2022, from linoacamp’s blog website: https://linoacamp.hatenablog.com/entry/ 2019/05/30/235222
RIDWAN, A. (2021). Implementasi Kebijakan Perlindungan Anak Melalui Program Campus Social Responsibility Pada Masa Pandemi Covid-19. 19, 1–
Al-Afghoni, M. A., & Prabawati, I. (2018).
Efektivitas Program Campus Social Responsibility di Kecamatan Wonokromo Kota Surabaya (Studi pada Pendampingan Mahasiswa Terhadap Anak Putus Sekolah atau Rawan Putus Sekolah). Publika, 6(9), 1–7.Ii, B., Pustaka, T., & Teori, A. (n.d.).
Retrieved from http://repository.umy.ac.id/bitstream/h andle/123456789/11689/D.%20
BAB%20II.pdf?sequence=4&isAllowe d=y#:~:text=Pada%20agency% 20theory%20yang%20disebut
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Aplikasi Administrasi: Media Analisa Masalah Administrasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.













