PENGARUH KURIKULUM, LINGKUNGAN PENDIDIKAN, DAN SARANA PRASARANA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 PAGU KABUPATEN KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.30649/aamama.v20i2.74Keywords:
Curriculum, Education Environment, Education Infrastructure, Academic AchievmentAbstract
The research aims to analyze the Factor Influencing Student Achievment Junior High School 1 Kediri. The hypothesis tested in this study were (1) there is significant effect partial curriculum on student achievement, (2) there was a significant effect of partial environmental education on student achievement, (3) there was significant effect of partial education infrastructure on student achievement, (4) there are simultans effect of curriculum, education environment, and insfrastructure on student achievement. The result of descriptive analysis it was revealed that student achievement SMPN 1 Pagu Kediri in both categories (56,5%), curriculum in both of the data analysis using Multiple Linear Regression Analysis show (1) the curriculum has a significant impact on student achievement t-hit >t-tab (4,692 > 1,656) with a significant level of 0,000 (2) education environment have significant impact on academic achievement students t-hit > t-tab (3,623 > 1,656) with asignificant level of 0,001 (3) education infrastructure has a significant impact on student achievement t-hit > t-tab (3,858 > 1,656) with a significant level of 0,001 (4) together curriculum, education environment, and education infrastructure has significant influence on student achievement F-hit >F-tab (5,558 > 3,276), with a significant level of 0,001 with the effective contribution of 77,5% (R square =0,775).
Downloads
References
Agus. 2007. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas VIII MTs Nurrussalam Tersono Kabupaten Batang.(http://pkp.sfu.ca/harvester2/demo/index.php/record/view1546419, diakses 20 Agustus 2009).
Ahmadi, A. 2004.Sosiologi Pendidikan. PT Rineka Cipta. Jakarta.
Ali, M. 2005. Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Sinar Baru Aglesindo. Bandung.
Apriana, B. 2005.Pengaruh Kondisi Keluarga dan Lingkungan Sekolah terhadap Peningkatan Kepatuhan Tata Tertib Sekolah Pada Siswa Kelas VII SMP Tunas Harapan Bandar Lampung.(www.education.blogspot.com, diakses 27 Agustus 2009).
Arikunto, S. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
Bafadal, Ibrahim. 2008. Manajemen Perlengkapan Sekolah. PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Benty, D. D N. 2004.Perencanaan Pembelajaran. AP FIP UM. Malang.
Dalyono, M. 2005. Psikologi Pendidikan. PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Daryanto. 1999. Administrasi Pendidikan. PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Depdikbud.1994. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Dikmenum Kanwil Depdikbud Propinsi Jawa Timur. Surabaya.
Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Taman Kanak-kanak. Jakarta.
Dimyati, Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Depdiknas. Jakarta.
Dimyati, M. 1999. Belajar dan Pembelajaran.PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Djamarah, Saiful Bahri & Zain, Aswan. 2002. Strategi Belajar Mengajar. PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Endrawati. 2007. Pengaruh Kinerja Guru dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 28 Kota Bandar Lampung. (http://pieramdani.wordpress.com/2008/09/17, diakses 20 Agustus 2009)
Fattah, N. 2004.Manajemen Pendidikan .PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Ginting, Vera. 2005. Penguatan Membaca, Fasilitas Lingkungan Sekolah dan Ketrampilan Dasar Membaca Bahasa Indonesia serta Minat Baca Murid. Jurnal Pendidikan Penabur, (online), Tahun IV, No.4, (http//ipmprad.com, diakses 20 Agusrus 2009).
Gunarso, S.D. 1990. Psikologi Untuk Keluarga. BPK Gunung Mulia. Jakarta.
Hadi, Sutrisno.1992. Analisis Regresi. Andi Offseet. Yogyakarta.
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Hamalik, O. 2006.Manajemen Pengembangan Kurikulum. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Hamalik, O. 2007.Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum.PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Hasbullah. 2004. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodelogi Penelitian dan Aplikasinya. Ghalia Indonesia. Jakarta.
Husaeni.1993. Hubungan Lingkungan Keluarga dengan Prestasi Belajar Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. (online). (http://fpips.upi.edu/jurnalfpips/log_user/jpisjurnal.php, diakses 20 Agustus 2009).
Imron, A. 2003.Manajemen Pendidikan Substansi Inti dan Eksistensi.Penerbit UM. Malang.
Indrakusuma, A. 1993.Pengantar Ilmu Pendidikan. Usaha Nasional. Surabaya.
Indrayanto. 2000. Makalah Manfaat Sarana Prasarana. (online). (http://Indrayanto72.blogspot.com/2010/07/makalah-manfaat-sarana-prasarana.html, diakses 20 Agustus 2012).
Jamilie, Zulfa. 2003. Keluarga dan Pendidikan Dalam Rumah Tangga (Catatan di Hari Keluarga Nasional), (online), (http://www.indomedia.com/bpost/062005/25/opini.htm-22k, diakses 20 Agustus 2009).
Koran Pendidikan.2009. Fasilitas Lengkap Biaya Gratis. (online). (http://www.Koran Pendidikan.com, diakses 4 Januari 2010).
Kriyantono, Rahmat. 2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Kusvrianti, Rita. 2005. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Sarana Prasarana Belajar di Rumah Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS SMP Negeri 3 Pasuruan.Universitas Negeri Malang. Malang.
Latif, Abdul. 2007. Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan. PT. Refika Aditama. Bandung.
Ma’mun, Mochamad. 2003. Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Ketersediaan Sumber Belajar di Rumah Terhadap Prestasi Belajar Siswa MAN Babat Kabupaten Lamongan.Universitas Negeri Malang. Malang.
Manullang, M. 1984. Manajemen Personalia.Ghalia Indonesia. Jakarta.
Marius, Emil. 1997. Minat Belajar dan Faktor yang mempengaruhi.Gema Cliping Service Pendidikan. Jakarta.
Mulan.2009. Pengaruh Efektivitas Pembelajaran dan Lingkungan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Seyegen.(http://:ohioline.osn.edn/hygfact/5000/5155.htm/(11/23/02/, diakses 20 Agustus 2009).
Mulyasa, E. 2007.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
Munandar, Utami. 1998. Mengembangkan Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah. PT. Gramedia. Surabaya.
Nurkanca, W. 1993.Psikologi Pendidikan. Usaha Nasional. Surabaya.
Poerwodarminto, W.J.S. 1990, 1998. Kamus Umum Bahasa Indonesia. PN Balai Pustaka. Jakarta.
Sanjaya. W. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Prenada Media Group. Jakarta.
Sardiman, A. M. 1990. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Rajawali. Jakarta.
Shochib, M. 2000. Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri.PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. PT. Bina Aksara. Jakarta.
Soetopo H. dan Soemanto, W. 1986.Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum.PT. Bina Aksara. Jakarta.
Sudjana.2000. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Sudjana, Nana. 2006. PenilaianHasil Proses Belajar Mengajar.PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Suwarno, Wiji. 2006. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Ar-Run Media.Yogyakarta.
Syah, Muhibin. 2002, 2004.Psikologi Belajar. PT. Radja Garafindo. Jakarta.
Tirtarahardja. 2005. Pengantar Pendidikan. PT. Rineka Cipta. Bandung.
UU SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003 mengenai Pendidikan.
UU No. 2 Tahun 1989 mengenai Pendidikan
Winkel, W. S. 2005. Psikologi Pendidikan. Media Abadi. Yogyakarta













